RENCANA PENGEMBANGAN SD PENYELENGGARA PROGRAM
PEMBINAAN MUTU 1 TAHUN
Standar
|
Program
|
Kegiatan
|
Penanggung Jawab
|
Bulan
|
|||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
·
Standar Isi
|
·
Menyusun KTSP dengan mengacu paada panduan yang disusun BSNP
|
Workshop
penyusunan KTSP
|
·
Tim
Pengembang Kurikulum sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Melibatkan
berbagai pihak dalam pengembangan KTSP 2006 - 2013) di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
·
Menyediakan
berbagai dokumen sebagai acuan dalam pengembangan KTSP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
·
Penyusunan
Silabus untuk semua mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
·
Menyusun
Program layanan bimbingan yang dimuat
dalam kurikulum sekolah:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
·
Menyusun
program Bimbingan dan Konseling yang dilakukan oleh sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
·
Menyusun
Program Kegiatan ekstrakurikuler di
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2.
Standar Proses
|
· Menyusun Dokumen perencanaan proses
pembelajaran yang sesuai dengan roh
kurikulum sekolah (berbasis kompetensi, menganut paham
konstruktivistik, dan penilaian berbasis proses).*)
|
Menyusun
perangkat pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan perangkat
pembelajaran yang benar
|
·
Wali
kelas
·
Guru
mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Guru memiliki dokumen Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan berdasarkan 10 komponen perencanaan
pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
· Menyusun perangkat pembelajaran yang dikembangkan
oleh guru berbasis hasil penelitian tindakan kelas.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
· Menyusun perangkat pembelajaran yang
dapat meningkan aktivitas siswa dalam
pelaksanaan pembelajaran, (menyelesaikan pemecahan masalah, diskusi, bertanya
dan mengajukan ide, presentasi hasil kerja)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
· Penerapan model-model pembelajaran
inovatif dalam pembelajaran (problem-based
learning, contextual teaching learning, group discussion, cooperatif
learning)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
· Menelaah dan menyusun Panduan penilaian
|
Menyusun
juknis penilaian berdasarkan standar yang ditetapkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Melaksanakan penilaian
|
Melakukan
penilaian pembelajaran, baik proses maupun hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Melaksanakan Layanan Bimbingan Konseling
(BK) di sekolah
|
Melaksanakan Layanan Bimbingan Konseling
|
Wali
kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.Standar Kompetensi Lulusan
|
· Meningkatkan Jumlah peserta didik yang
meraih penghargaan tingkat kabupaten/kota , Provinsi, Nasional, maupun
internasional
|
·
Melaksanakan
program pengayaan
|
·
Tim
Pembina mata pelajaran
·
Wali
Kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan Jumlah siswa yang
melanjutkan sekolah ke SMP/MTs Negeri Unggulan
|
·
pemantapan
·
Try
Out
|
·
Wali
kelas, kelas VI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
· Meningkatkan prosentase kehadiran guru yang datang sebelum waktu belajar dan
pulang sesuai aturan daerah
|
Sosialisasi
PP 53 tahun 2010
|
Kepala
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan Jumlah guru yang
mempersiapkan RPP berkualitas untuk kegiatan pembelajaran
|
Supervisi
akademis
|
Kepala
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan Jumlah guru yang
menggunakan waktu secara bermanfaat di sekolah di luar kegiatan PBM
· Memningkatkan Jumlah guru yang disiplin dalam mematuhi
aturan sekolah
|
·
Mempersiapkan
adm dan media yang akan digunakan PBM hari berikutnya
·
Pemberian
tugas tambahan adm sekolah
|
·
Guru
kelas
·
Kepala
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan persentase Jumlah guru yang dapat dijadikan
teladan dalam berpikir kreatif, inovatif, dan berfikir tingkat tinggi
|
Open
lesson
|
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan prosentase Jumlah guru yang
dapat dijadikan teladan dalam berbicara, bersikap, dan bertindak:
|
Pemodelan
dan keteladanan
|
Kepala
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan prosentase Jumlah guru yang
menguasai materi pelajaran:
|
KKG
|
Koordinator
kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan prosentase Jumlah guru yang menerapkan
metode inovatif dan kreatif dalam mengajar:
|
Open
lesson
|
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan prosentase Jumlah guru yang
membangkitkan minat siswa dalam
mengikuti proses belajar mengajar:
|
Open
lesson
|
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan prosentase Jumlah guru yang
mendorong siswa dalam menyelesaikan
tugas mandiri dan kelompok:
|
Open
lesson
|
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Peningkatan prosentase Jumlah guru yang
mendorong siswa untuk memiliki inisiatif belajar mandiri dan kelompok:
|
Open
lesson
|
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan prosentase Jumlah guru yang
melibatkan siswa untuk aktif belajar:
|
Open
lesson
|
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan prosentase Jumlah guru yang
menggunakan sumber belajar yang bervariasi:
|
Open
lesson
|
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan Jumlah guru yang melibatkan
siswa dalam membuat rangkuman pembelajaran
|
Open
lesson
|
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Meningkatkan prosentase Jumlah guru yang
berlaku adil dan terbuka dalam melakukan penilaian hasil belajar
|
Open
lesson
|
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Standar Sarana dan Prasarana
|
Menyedikan
dan melengkapi sarana dan prasarana penunjang kegiatan, yang nyaman, lengkap dan
representatif antara lain pengadaan :
|
·
Ruang
Kepala sekolah
|
PKS
Sarana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Ruang
Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Perpustakaan
·
UKS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Tempat
Ibadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Aula
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Ruang
kesenian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Alat
dan media Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Lapang
olahraga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Lapang
upacara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Toilet
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Kantin
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
·
Gudang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6.
Standar Pengelolaan
|
·
Melibatkan berbagai pihak dalam penyusunan Visi, misi dan tujuan
sekolah:
|
Workshop
penyusunan KTSP
|
·
Tim
Pengembang Kurikulum sekolah
·
Komite
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menyusun
dokumen RKJP/RKJM/RKT sekolah
|
|
·
Tim
Pengembang Kurikulum sekolah
·
Komite
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Mensosialisasikan
RKJP/RKJM/RKT sekolah pada pihak terkait
|
|
·
Kep
sek
·
PKS
humas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menyusun rencana kerja sekolah berikut anggarannya (RKS maupun RKA-S) yang melibatkan unsur KS,
Guru, Komite sekolah dan berdasarkan pada EDS
|
WS
penyusunan Program sekolah
|
Pengelola
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menyusun POS/Juknis dalam
merealisasikan program dan kegiatan pendidikan yang termuat dalam
rencana kerja sekolah
|
WS
penyusunan Program sekolah
|
Pengelola
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Menyusun Pedoman pengelolaan sekolah antara lain struktur program,
tupoksi pengelola, tata tertib, kode etik, pedoman pembiayaan, peraturan
akademik, kebijakan mutu
|
WS
penyusunan Program sekolah
|
Pengelola
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Pemetaan tugas pada stafnya
beradasrkan keahlian, komitmen, dan beban kerja
|
Pembagian
tugas
|
·
Kep
sek.
·
PKS
Kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Melaksanakan seleksi penerimaan
peserta didik baru, secara objektif, tranfaran, adil, akuntabel.
|
Melaksanakan
PPDB
|
PKS
Kesiswaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Mengadakan hubungan kemitraan (MoU) dengan lembaga lain:
|
Menjalin
kemitraan
|
·
Kep
sek.
·
PKS
Humas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Melaksanakan evaluasi kinerja untuk pendidik dan tenaga kependidikan secara berkala
|
Supervisi
akademis
|
·
Kep
sek.
·
TIM
PKG
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Standar Pembiayaan
|
·
Menyusun rencana pembiayaan
|
·
Menyusun rencana pembiayaan
|
·
Kep
Sek
·
Bendahara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Pengelolaan
keuangan yang transfaran dan akuntabel
|
Publikasi
penggunaan biaya sekolah
|
·
Kep
Sek
·
Bendahara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Pengadaan
pedoman pengelolaan keuangan
|
·
Menyusun
pedoman pengelolaan keuangan
|
·
Kep
Sek
·
Bendahara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Penyusunan
laporan penggunaan biaya secara berkala
|
·
Menyusun
laporan penggunaan biaya secara berkala
|
·
Kep
Sek
·
Bendahara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. Standar Penilaian
|
· Menyusun berbagai instrumen penilaian
dan evaluasi secara menyeluruh.
|
WS
/ IHT Standar penilaian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Melakukan penilaian otentik dan
menyeluruh dalam menentukan kompetensi siswa
|
Pelaksanaan
penilaian
|
·
Wali
kelas
·
Guru
Mapel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Melaksanakan penilaian secara
berkesinambungan
|
Pelaksanaan
penilaian
|
·
Wali
kelas
·
Guru
Mapel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Melaksanakan penilaian secara akuntabel sehingga dapat
dipertanggungjawabkan kepada pemerintah dan masyarakat
|
Pelaksanaan
penilaian
|
·
Wali
kelas
·
Guru
Mapel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Menggunakan hasil
penilaian untuk memperbaiki proses belajar mengajar
|
Pelaksanaan
penilaian
|
·
Wali
kelas
·
Guru
Mapel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Penyusunan
instrumen analisis untuk
menindaklanjuti hasil penilaian
|
·
Menyusun
instrumen analisis untuk
menindaklanjuti hasil penilaian
|
·
Wali
kelas
·
Guru
Mapel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar