Selasa, 15 September 2015

ABSRTAK PTK

ABSTRAK

 PENINGKATAN PRESTASI  BELAJAR  IPS
MELALUI MEDIA KONKRIT  PADA
SISWA KELAS VI SEMESTER 2
SD NEGERI 1 KARANGKOBAR
BANJARNEGARA

(SUPARTO,S.Pd)
NIP 196903182000121002


Penelitian ini digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran, aktifitas siswa, dan prestasi belajar siswa kelas VI semester 2 SD Negeri 1 Karangkobar tahun pelajaran 2014/2015. Karena dipandang perlu setelah dijumpai temuan dalam proses pembelajaran.
Populasi penelitian berjumlah 32 siswa kelas VI SDN 1 Karangkobar kecamatan Karangkobar, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki, dan 19 siswa perempuan.Dasar penelitian ini karana siswa kelas VI pada semester 2 prestasi belajarnya dikatagorikan rendah. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data Kwantitatif, dan data Kwalitatif. Data Kwantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa. Sedangkan data kwalitatif digunakan pada keterampilan guru dalam pembelajaran, dan aktifitas siswa dalam pembelajaran.

.Penelitian ini dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur dalam dua siklus dengan berkolaborasi bersama kepala sekolah dan teman sejawat. Tahap-tahap penelitian meliputi : identifikasi masalah, analisis dan rumusan masalah, pembuatan rencana dan instrument tindakan, Tindakan/open clas,analisis dan interpretasi data, refleksi dan tindak lanjut. Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2015, siklus ke 2 dilaksanakan pada tanggal 1 Maret  2015.Setelah dilakukan penelitian berdasarkan hasil refleksi siklus , keterampilan guru dalam pembelajaran, meningkat 30%, aktifitas siswa dalam pembalajaran meningkat 25,7%, sedangkan prestasi belajar siswa meningkat 20,5%. Melihat kenyataan tersebut maka penelitian yang dilakukan berhasil dengan katagori baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar