ABSTRAK
PENINGKATAN
PRESTASI BELAJAR IPS
MELALUI MEDIA KONKRIT PADA
SISWA KELAS VI SEMESTER 2
SD NEGERI 1 KARANGKOBAR
BANJARNEGARA
(SUPARTO,S.Pd)
NIP
196903182000121002
Penelitian ini
digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran,
aktifitas siswa, dan prestasi belajar siswa kelas VI semester 2 SD Negeri 1
Karangkobar tahun pelajaran 2014/2015. Karena dipandang perlu setelah dijumpai
temuan dalam proses pembelajaran.
Populasi
penelitian berjumlah 32 siswa kelas VI SDN 1 Karangkobar kecamatan Karangkobar,
yang terdiri dari 13 siswa laki-laki, dan 19 siswa perempuan.Dasar penelitian
ini karana siswa kelas VI pada semester 2 prestasi belajarnya dikatagorikan
rendah. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data Kwantitatif, dan
data Kwalitatif. Data Kwantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan
prestasi siswa. Sedangkan data kwalitatif digunakan pada keterampilan guru
dalam pembelajaran, dan aktifitas siswa dalam pembelajaran.
.Penelitian ini
dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur dalam dua siklus dengan
berkolaborasi bersama kepala sekolah dan teman sejawat. Tahap-tahap penelitian
meliputi : identifikasi masalah, analisis dan rumusan masalah, pembuatan
rencana dan instrument tindakan, Tindakan/open clas,analisis dan interpretasi
data, refleksi dan tindak lanjut. Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 16
Februari 2015, siklus ke 2 dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2015.Setelah dilakukan penelitian berdasarkan
hasil refleksi siklus , keterampilan guru dalam pembelajaran, meningkat 30%,
aktifitas siswa dalam pembalajaran meningkat 25,7%, sedangkan prestasi belajar
siswa meningkat 20,5%. Melihat kenyataan tersebut maka penelitian yang dilakukan
berhasil dengan katagori baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar