Senin, 11 Januari 2016

Peran Perpustakaan sebagai Sarana Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Penunjang Kegiatan Belajar Peserta Didik

Menurut Hendyat Soetopo (1982:173) perpustakaan sekolah adalah “perpustakaan yang diselenggarakan di sekolah bermaksud untuk menunjang program belajar dan mengajar di lembaga pendidikan formal”.
Perpustakan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan dan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk menyimpan buku-buku, tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan sekolah diharapkan dapat membantu peserta didik dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu buku-buku yang dimiliki perpustakaan sekolah harus dapat menujang proses belajar mengajar, maka dalam pengadaan buku hendaknya mempertimbangkan kurikulum yang dipakai oleh sekolah, serta selera para pembaca yang dalam hal ini adalah peserta didik.
Dalam era globalisasi saat ini, pemerolehan pengetahuan tidak hanya didapat dari proses pembelajaran saja. Selain pembelajaran dikelas perlu adanya sarana penunjang. Pengadaan perpustakaan di sekolah khususnya di SD Negeri 1 Karangkobar ini dianggap perlu mengingat peribahasa “Buku adalah jendela dunia”. Melalui pengadaan buku-buku yang menunjang pelajaran, peserta didik diarahkan membiasakan gemar membaca untuk mengembangkan pengetahuannya dan memperluas wawasan yang dimiliki oleh peserta didik.
Secara terperinci, manfaat perpustakaan bagi peserta didik adalah sebagai berikut:
1.   Perpustakaan dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik
2.   Perpustakaan dapat meningkatkan kecintaan membaca pada peserta didik
3.   Peppustakaan dapat memperkaya pengalaman belajar peserta didik
4.   Perpustakaan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik
5.   Perpustakaan dapat melatih peserta didik untuk bertanggung jawab
6.   Perpustakaan dapat membantu peserta didik dalam hal menyelesaikan tugas.

Berikut adalah langkah-langkah menarik minat baca peserta didik terhadap perpustakaan:
1.   Selalu memperbarui koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan.
2.   Terdapat pustakawan (tenaga perpustakaan) yang ramah, terdidik, bertanggung jawab, dan professional.
3.   Membuat ruang perpustakaan agar bisa menjadi tempat yang senyaman mungkin bagi peserta didik.
4.   Perpustakaan juga menyediakan bacaan yang menghibur tapi tetap edukatif, seperti majalah pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar